Selasa, 23 Oktober 2012

Jadikan Hal Yang Tidak Disukai, Menyenangkan



jadikan-hal-yang-tidak-disukai-menjadi-menyenangkanTerkadang dalam hidup, kita dikondisikan pada situasi dimana kita tidak bisa memilih sepenuhnya apa yang ingin kita lakukan. Namun secara sadar atau tidak dari sana kita bisa belajar lebih dewasa. Lebih dewasa yang saya maksud adalah dewasa dalam menghadapi persoalan/masalah, bukan malah menghindarinya atau melarikan diri, namun kita harus mencari alternatif solusinya secara kreatif dan bijak.
Lelah karena terus menerus harus melakukan sesuatu yang tidak kita suka? Jika kita tidak suka untuk melakukan itu dan berpikir tidak ada untungnya buat kita, maka tidak usah repot-repot melakukannya . Tetapi, jika kita benar-benar harus melakukannya, karena situasi yang memaksa kita untuk melakukannya, berikut ini adalah tips untuk membuat kita melakukan sesuatu yang tidak kita suka dengan sedikit lebih menyenangkan :
1. Lakukan untuk orang yang kita cintai
Pikirkan saja seseorang yang kita cintai dan lakukan itu demi kebahagiaannya. Contoh: kita tidak suka menyanyi lagu boyband karena itu membuat telingamu sakit tetapi pasangan sangat menyukainya. Maka, ada baiknya kita menyanyikan lagu cinta dari sebuah boyband di hari ulang tahunnya. Meskipun kita tidak menyukainya tetapi kita tetap melakukannya untuk membuat ia senang
 2. Lakukan di waktu produktifmu
Misalnya, waktu produktif kita adalah jam 8 pagi sampai jam 12 siang dan jam 6 sore sampai jam 9 malam . Maka, lakukanlah di waktu-waktu tersebut. Setelah waktu produktif kita lewat, beristirahatlah atau lakukan hal yang lain.
 3. Lakukan dengan cara yang lain
Kita tidak harus melakukannya dengan cara yang umum. Kita dapat melakukannya dengan cara kita sendiri. Buatlah semenyenangkan mungkin. Jika contohnya, kita senang mengerjakan pekerjaan rumah di kafe atau mall, maka kita dapat melakukannya. Hanya saja jangan biarkan hal-hal lain mengalihkan perhatian kita.
 4. Beri hadiah pada diri sendiri
Tentukan hadiah kita sendiri. Sebagai contoh, "jika saya dapat mengerjakan PR dalam satu hari, Saya dapat bermain game komputer seharian besok!!". kita akan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan Anda.
 5. Pikirkan konsekuensi jika kita menyerah / tidak melakukannya
Jika kita harus melakukan sesuatu yang tidak kita suka demi mencapai tujuan lain, kita harus melakukannya tak peduli kita suka atau tidak. Jika kita  menyerah, maka bisa jadi perjalanan kita akan terhambat. Hancurkan tembok di depan kita, jangan biarkan hambatan itu menghalangi jalan kita.
 6. Bagikan perasaan dan keadaanmu kepada orang yang bisa memotivasimu
Memiliki seseorang disampingmu yang bisa memotivasi adalah sesuatu yang baik. Jangan ragu-ragu untuk berbagi dan meminta bantuan jika seseorang bisa menolongmu. Itu seperti energi ekstra dalam perjalananmu.
Dicuplik dari Blog Liena Aifen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar